[nasyid][slideshow]

Membuat Studio Di Kamar Sendiri

Rekaman sering kali menjadi masalah untuk anak2 band, yang ingin mengekspresikan karya2 mereka dalam sebuah lagu. Mulai dari masalah financial.

apalagi kebanyakan player harus menyisihkan uang mereka untuk latihandi studio apa lagi recording, konsep dari sebuah lagu, kabanyakan setelah take dan didengarkan kembali ada penambahan atau perbaikan dari sebuah instrument mmm…. mau gak mau take lagi… mixing lagi…. itung aja berapa duit yang bakal kamu keluarin. Untuk itu sebenarnya kamu bisa kok membuat studio rekaman di kamar sendiri. Tapi tetep perlu modal sedikitlah… Ini beberapa alat yang kamu butuhkan untuk membuat studio recording dikamar kamu sendiri :

1. Seperangkat computer
Computer wajib banget bro, ini media tempat kita mengoperasikan software recording, menyimpan audio dll deh. kl gak pake mau rekaman di jidat lu!? hehe. tapi ada syaratnya minimal kayak pentium IV 2,4 ghz ke atas lah biar gak lelet ntar…trus ram minimal 1 giga, hal ini ngaruh juga karena semakin besar ram maka semakin banyak jumlah track yang bisa kamu gunakan misalnya 1 lagu kamu bisa sampai 50 track audio.
2. Sound Converter/soud card external
DSC00248Sound Converter sound card untuk mengubah sinyal audio yang kamu rekam dan menyimpanya di dalam hardisk kamu, saya sangat menyarankan beli soud card external yang sudah support ASIO, 24 bit, untuk jumlah chanelnya gak usah banyak2 lah 4 chanel juga dah berlebih. kecuali kamu mau gebuk drum dikamar, itu butuh minimal 8 chanel. tapi kebayang lah berisiknya, kesian sebelah!? trus drumnya gimana??, kamu bisa gunakan loop,BFD,fruty loop, ntar kamu export satu per satu aja ke wav, seperti kick, snare, tom, hat dll. lalu import aja ke software kamu, misalnya kamu pake nuendo. Selanjutnya untuk bass, gitar, keyboard, vokal silahkan take sendiri.
3. Sound monitor
Ini juga penting, lah gimana mau denger kalo gak punya sound monitor!? Untuk sound monitor ini saya anjurkan pilih yang flat supaya hasil take kamu suaranya gak menipu. mixing juga jadi enak suaranya lebih jernih. kepuasan telinga no 1 di sini.
DSC00023
4. Mic
Mic disini ya jelas untuk vokal, pilih yang bagus supaya hasilnya juga bagus, selain buat vokal juga bisa kamu buat take todong akustik (ngerti kan maksudnya??). Untuk mic Saya memilih mic rode NT1-A. silahkan pilih mic sesuai budget band kamu.
DSC00026
5. Pre AMP
Yang ini gak wajib2 banget kok, tapi kl untuk mendapatkan kualitas ketebalan suara mau g mau kamu harus pake, kalo saya sih perlu, hehe biar tebal bro suaranya!? tapi kl gak jg gak apa apa kok. orang awam jg gak ngerti kualitas suara, taunya enak didenger. jadi beli aja yang 1 chanel, kan kita cuma take instrument so cuma butuh yang 1 chanel aja. tapi inget sekali lagi, beli yang tabung ya.
Oke, selamat berkarya. buat sebanyak mungkin lagu demo kamu. denger lagi… edit lagi… sampe kamu puas lah. Keep Rock!!

Tidak ada komentar:

Nasyid

[batak][stack]

Qasidah

[qasidah][grids]